Saturday, October 3, 2009

Majalah Ananda yang Terlupakan




Dibandingkan Bobo, rada kurang popular ya Majalah ini
kalo gak salah terbitan groupnya Femina heheehe
tapi yang bikin seneng tuh NBC Suka, komikus yang meniru gambarnya Don Lawrence, nah kemarin pas dapat dikit ya lumayan lah bernostalgia, karena pas SD sering baca di perputakaan sekolah, malah yang pernah gua baca mahabrata Teguh Santosa (sekarang udah ada di cetak ulang )

yang kaget lagi ternyata toko kesayangan gua PAK TINO SIDIN mengisi disini heheh nah ini gua asli lupa deh
tapi kalo lihat GEMAR MENGGAMBAR ya seneng banget :)

ada kontak sama Kak Ateng heheh gak tahu ngomongin soal apa mungkin semacam kayak surat pembaca kali haahahah

yang terakhir off course SAFAN serial 1 ini yang sayang gak semua dijadiin buku heheeh

buat derry nih majalah kesukaan elu dulu ahahhaa

42 comments:

  1. buset. ampe keinget bau gudangku dulu. bau majalah ananda. sayang satupun udah nggak ada yang tersisa sekarang.

    ReplyDelete
  2. selain ananda juga ada majalah siswa...

    dulu aku inget ada satu cerita bersambung (tpi lupa di ananda ato siswa yak?) tentang sodara kembar bernama katul dan tiwul. hidup mereka sebatang kara tinggal bersama nenek di sebuah gubuk..sikat gigi pake batu bata tumbuk.. makan pake bubur nasi dengan kecap dan kerupuk.... sayang aku gak pernah tau gimana akhir ceritanya ... hikz

    ReplyDelete
  3. siswa ? wahhh lupa deh
    coba seh kapan kapan kalo lihat heheh

    @prey
    cari di loakan lah kalo mau masih ada 1-2 buku kok
    heheeheh, btw gudang elu sebau apa sampe kebau sampe sekarang haahahahah

    ReplyDelete
  4. hehehe.. salah dong, tuh di atas tulisan logo Ananda ada jelas tercetak nama majalah "Kartini" :D

    ReplyDelete
  5. kayaknya aku pernah punya semua edisi2 ini..
    tapi udah pada lenyap :(

    ReplyDelete
  6. waaaa.... susah banget nyari majalah yang satu ini... eh, NBC Suka? bukannya NBC Sukma? pengen banget punya karya2nya dia... Safan, Ujang & Amoy, Buyung Kilat, dll... ada yg pernah meng-'abadi'-kannya dalam bentuk digital nggak ya? di-scan gitu loh... sayang kalo hilang begitu saja...

    ReplyDelete
  7. Safan itu dulu ceritanya tamat nggak sih?

    ReplyDelete
  8. iya sory dari group kartini heheeh salah ketik hahahaaha

    Safan kan banyak ceritanya yang dibukukan saja ada 3 buku :)

    rada susah emang cara majalah 1 ini
    kalo versi scan coba cari deh gua sih koleksi bukunya saja
    gak ada waktu buat scan scan ginian heheh lagian bukunya dah tua

    ReplyDelete
  9. ayo mulai di scan sekarang. biar ada catatan/dokumentasi digitalnya.

    ReplyDelete
  10. punya scanner... pengennya scan karya2nya NBC Sukma... cuma ya itu... nggak pernah ketemu majalah ini... apanya yg mo di-scan... hahaha...

    ReplyDelete
  11. dulu sempet ngikutin punya temen SD yang kebetulan langganan, nurut gw covernya kurang ANAK ANAK, mungkin itu yang nyebabin Ananda kurang populer. Hehe...iya kangen ma NBC Sukma !

    ReplyDelete
  12. eh dulu cergam Si Amoy di Ananda kan ???

    ReplyDelete
  13. eh, dulu seingatku Ananda punya saudara Kembar, namanya HALO , dari jenis Huruf pada logo,layout, tata warna, design cover semuanya sebangun. Denger2 dulu di manajemen Kartini grup terjadi perpecahan, trus kubu yang kalah membikin majalah Sarinah dan Halo, yang satu tetep Eksis dengan Kartini dan Ananda.

    ReplyDelete
  14. heeh HALO ? waduh kok gak pernah tahu
    gua yang tahu BIMBA nanti gua cari deh
    pernah punya beberapa buku tapi kok hilang ya ?

    jaman dulu majalah anak anak paling popular ya BOBO
    gak ada lagi deh ehheehe

    ReplyDelete
  15. walah safan mau discan ta
    ya udah ini saja ye
    gua gak mau banyak banyak kalo 6 halaman sih ok
    maklum banyak kerjaan lah , ngeblog saja pake photo biar cepet
    heheheh

    ReplyDelete
  16. gw dulu pernah masuk di rubrik sahabat pena = )

    ReplyDelete
  17. wah kalo dipinjemin sory deh man
    heehh bisa hilang lahhhh

    @satiawan
    sahabat pena ? huahuahuahu jaman segitu chk chk chk

    ReplyDelete
  18. sayang majalah ini nggak ada yg jual dalam bentuk bundel... kayak bundel majalah bobo atau majalah eppo yg gue dapat... masih cari2 sampe sekarang...

    ReplyDelete
  19. seperti yang udah gua bilang
    ananda gak terlalu laku dulunya hahaahah
    gua saja lihat di perpus kalo gak salah
    susah man ini saja dapat udah untung lah
    tapi ya buat punya punyaan saja deh heh
    jauh lebih suka BOBO :)

    ReplyDelete
  20. Senangnya dulu klo bapak pulang kerja bawa majalah ananda wkt itu edisi perdana ada bonus poster, lupa poster apaan yg gbrnya bersambung di edisi berikutnya. Tahun berapa majalah ini ditutup soale ga tau kabar tiba2 udah ga muncul lagi.

    ReplyDelete
  21. nah yg ini mang jarang di baca.. apalagi mjalah kecil dulu.. ceria namanya..mga2 you ingat

    ReplyDelete
  22. ceria wah gua gak tahu deh ada emang ceria ? gak pernah denger hahaha

    ReplyDelete
  23. heuy ada ..tuhmjalah seukuran kwarto jdi agak kecil ceria singkatannya bgus loh..cerita ,ilmu dan akhlak..nah terbitan grmedia mkin..
    sma isinya seputar anak2...

    ReplyDelete
  24. Ananda tuh diterbitkan Yayasan Raden Saleh, boleh dikatakan gurpnya Kartini. Saya terharu Anda bisa mengoleksinya. Sampai 1995 masih terbit. Saya adalah Managing Editor terakhir dan nggak kerja di Ananda lagi ketika beberepa bulan kemudian majalah ini tidak terbit untuk selamanya. Kantor terakhir di Jl. Garuda 78 Jakarta Pusat ...

    ReplyDelete
  25. karena masih ada STORMnya yang layak dikoleksi heheehe
    ini pun dapat sisa sisanya kayaknya dah susah banget cari majalah ananda daripada BOBO
    ohh udah tutup ya ? pantesan dehh lah buku buku nya udah gak ada lagi nih ceritanya ?

    ReplyDelete
  26. dulu aku juga langganan ananda. menurutku waktu itu malah mending majalah ini daripada yang lain.. apalagi bonusnya banyak (aku memang tidak banyak koleksi majalahnya..entah pada kemana), tapi aku masih koleksi poster ma stiker yang dulu dibonusin sama ananda. masih tak tempel didinding sampe sekarang. hahahaha.. cuman, maaf nih.. kalau boleh kritik(hehehe kritik terus) (walaupun gak terbit lagi. tapi ini selalu yang jadi pertanyaan saya).. kenapa ya pada akhir-akhir..mungkin sekitar taun 93an.. Layoutnya berubah. hurufnya jadi besar-besar, dan kesannya jadi malah makin dikit isinya. padahal dulu waktu awal-awal tau majalah ini, isinya banyak, ceritanya pun banyak.bagus.. tapi yang setia, seingatku cerita Tini, karya Masdi. Kenapa ya..? oya , satu lagi..kenapa Ananda kok tidak terbit lagi? mungkin bung yunizarn bisa menjawab. terima kasih

    ReplyDelete
  27. sdih juga ya cheung ..dah ngk terbit.. padahal kalon cari buku kyk gitu nebusnya muahale rak karuan..btw regane pira ya cheung si ananda ini?

    ReplyDelete
  28. heheh antara 10 ribu-15 ribu kadang juga bisa dapat 5000 cuman ya kondisinya kurang
    yang mulus segituan bro
    ahh terbit sekarnag belum tentu sebagus dulu elu coba beli bobo pasti bakal elu buang bukunya hahaaha
    iklanya seabrek beda sama dulu :)

    ReplyDelete
  29. ijin share di pages facebook Pak Tino Sidin...
    truly inspiring legend...

    ReplyDelete
  30. aku tuh paling suka berfantasi ke masa kecil dulu, aku sebagian msh inget rubrik di ananda yaitu: Keluarga Pak Danan, Tanya Pak Dokter Himawan, Ada2x saja, Tertawa itu sehat, Buyung Kilat, cerita pahlawan kristina marta tiahahu, voltus v, dll. kalo masih ada koleksi bisa hubungi no ini: 081251477000... aku sangat mendambakannya.. tolong ya.. tks

    ReplyDelete
  31. Ingat..sangat ingat skali terutama sama Ujang dan Amoy di kisah Galunggung

    ReplyDelete
  32. iya itu majalah siswa, aku juga penasaran sama endingnya! ada yg bs bantu ksi info gmn dapetinnya ga ya?

    ReplyDelete
  33. iya itu majalah siswa, aku juga penasaran sama endingnya! ada yg bs bantu ksi info gmn dapetinnya ga ya?

    ReplyDelete
  34. aku suka buanget majalah Ananda... yg aku inget jugaNBC Sukma pernah adopt cerita GHOST RIDER... Kalo ga slh judulnya jd Satria Berambut Api?

    ReplyDelete
  35. saya masih punya 2 bundel ananda tahun 1989..

    ReplyDelete
  36. Di ananda dulu ada cerita tom&jarot yg ikutin serial televisi CHIPS.
    Ujang dan amoy bagus. Ada cerita bersambung E.T. juga. Dan yg bikin seru ada sisipan cerita mahabharata s/d bharatayuda. Keren..

    ReplyDelete
  37. Masih ingat juga dulu ada cerita tentang Ksatria Tengkorak Putih. Sapa ya yang ngarang ya? Pertama kali muncul agak2 aneh juga dengan ceritanya n sedikit curiga. Ternyata bener beberapa sat kemudian lihat entah di mana ttg Komik Ghost Rider. N semakin yakin setelah beberapa tahun kemuadian film yang dibintangin oleh Nicholas Cage tsb keluar.

    ReplyDelete
  38. Ksatria tengkorak Putih karya Pak NBC Sukma juga..emang niru komik Ghost Rider sih..
    Pak NBC Sukma punya akun fb dengan nama yg sama..Beliau sekarang sudah berusia 66 tahun..Silahkan kalau mau inbox untuk sekedar memberi salam hormat..

    ReplyDelete
  39. Yang paling berkesan dari majalah ini adalah cover belakangnya berjudul "Buyung Kilat"...dan cerita bersambungnya Jangan Pisahkan Kami.....

    ReplyDelete