Friday, September 12, 2008

Kebangkitan Komik Eropa Setelah Sekian Lama Meredup






tahun 80-an adalah jaman keemasan komik eropa mulai Penerbit Indira,Sinar Harapan, Aya Media, Gramedia dan beberapa penerbit lainnya memborbardir bumi indonesia dengan komik eropa jaman, banyak komik eropa yang diterbitin and kalian sudah tahu sendiri deh mulai dari Tintin yang paling ngetop sejagat raya, Asterix juga gak kalah ngetop, Luckie Luke, Smurf, Johan Pirlouit, Johny Goodbye dan masih banyak lagi

mendekati tahun 95-an kayaknya pamor komik eropa udah gak begitu laku lagi :( kenapa ? karena serangan dari komik Manga Jepang yang pelan pelan mulai banyak apalagi sekarang ya heehh luar biasa deh kalo gua bilang mau cari judul A sampe Z pun pasti ada !

begitu juga di US komik eropa jarang di publish hanya beberapa title saja itupun seperti Tintin dan Asterix yang lainya ? Nope tetap sama kondisinya seperti di Indonesia dibombardir sama komik manganya Jepang

tahun 2004 Indira mencoba bangkit lagi dengan menerbitkan beberapa komik eropa seperti Gipsy, Scorpion, Aplha, dan beberapa title lainnya sayang usaha untuk meramaikan kembali komik eropa tidak sesukses yang diharapkan malah membawa kebangkrutan bagi Indira

begitu pula dengan Gramedia dan M & C (salah satu divisi Gramedia) menerbitkan beberapa komik eropa cetak ulang seperti Storm, Trigan, Yoko Tsuno sama beberapa judul lain, usaha mereka juga tidak sesukses Indira so sesudah terbit beberapa buku ya tenggelam lagi deh :( gak ada kabarnya

lama kaga ada kabar awal tahun ini gua iseng iseng buka amazon terus mata gua tertuju sama komik Yoko Tsuno ! loh kok ada English Edition ya ? gua sampe kaga percaya deh heeh ada komik eropa yang berbahasa english setahu gua sih jarang banget ya !, terus pengen beli tapi berhubung bukunya rada berat so gua belinya ntar ntar saja deh
hehehee

setelah gua check Penerbitnya ternyata cinebook ltd dari UK terus terang seneng banget deh gua akhirnya ada juga yang Penerbit yang publish dalam bahasa English juga
meski dalam hati pengen juga di Indonesia sini ada penerbit yang mau nerbitin komik eropa tapi udah lah
yang penting ada saja and bisa baca

nah iseng iseng jalan di Periplus sini nemu 2 buku Biggles sama Luckie Luke seabrek heheh ada 8/9 Judul terus Yakari 5 judul semuanya penerbitnya Cinebook, gua pikir wahh kali saja bisa order beberapa buku yang titlenya gak ada disini tapi masih keluaran Cinebook.

Setelah tanya sono sini akhirnya gua jadi pesen Yoko Tsuno (3 buku) sama Papyrus (2 buku), sekedar info Yoko Tsuno ini komik kuno tahun 70-an, Indira pernah nerbitin cuman 1 doang, terus Majalah Hai edisi awal 77-an juga pernah nurunin cerita bersambung juga, ceritanya mirip kayak Tintin bedanya ini cewek deh settingnya semua negara di Eropa, kalo tintin sudah melalang buana di seluruh dunia kalo Yoko Tsuno cukup di Eropa saja. untuk Papyrus kalian pasti sudah pernah tahu karena komik ini pernah diterbitin Gramedia sebanyak 6 buku , buku yang gua beli ini kebetulan kaga pernah diterbitin so gua ambil saja deh heheehe

sesudah menunggu sekitar 1 mingguan akhirnya datang juga nih komik eropa gua heehh pas pegang di tangan seneng banget deh heeh akhirnya ada juga ya komik eropa gua pikir ini merupakan suatu kebangkitan komik eropa yang selama cuman mendominasi di Eropa, kebanyakan bahasanya Dutch/French/Spanish so mana ngerti lah hehehe

bagi kalian yang masih mau coba tanya di toko buku Periplus kalo kaga ada toko buku Periplus coba disini www.periplus.co.id tapi gak semua komik keluaran cinebook ada loh heheeh cuman kebanyakan pasti mereka masukkin
oh ya 1 lagi harganya ranger 115 ribu - 125 ribu per komik
rada mahal ya tapi worthed kalo kalian sudah buka bukunya.

kenapa gua bilang worthed ? karena selama ini kita sudah sering baca buku Manga tanpa ada warnanya alias Hitam Putih kalo baca komik eropa ya beda banget warnanya indah banget dengan setting kota kota kuno/pedesaan disana :D

belum lagi dengan kertasnya yang pake HVS Putih bukan kertas koran loh seperti Indira/Gramedia.

ok bagi penggemar komik eropa silah berhappy lagi deh heehe coba buka www.cinebook.com untuk melihat judul judulnya

oh ya kemarin pas ambil barang dapat komik Asterix yang terakhir heheh Asterix & The Viking kayaknya nih dari Filmnya deh, komik Asterix sebelumnya Asterix & Failing Sky sudah gua beli tahun 2005 di Kinokuniya Plaza Senayan
heheh karena Sinar Harapan sudah tidak menerbitkan Asterix lagi :(

ok buat panjang lebarnya silahkan lihat photo photo komik yang kemarin baru gua ambil hehehe termasuk 80-an gak ya ?
haahah kalo gua bilang sih iya karena sebenarnya komiknya udah dari tahun 70-an nerbitinnya baru sekarang
sayang emang , tapi lebih baik terlambat daripada tidak ada sama sekali heehehe

19 comments:

  1. loh di periplus ada coba lu lihat lihat hehee

    ReplyDelete
  2. Yang tentang sejarah ada juga ya? Keren dong

    ReplyDelete
  3. sejarah apaan ? elu buka saja cinebook.com man

    ReplyDelete
  4. wah yoko tsuno bahasa inggris! mau dong! dapet dari periplus? mudah2an di periplus jkt atw bdg ada. Btw yoko tsuno diceritakan berkeliling dunia juga lho. Meski kayanya memang cuma terkenal di Eropa...

    ReplyDelete
  5. hehe iya buruan di Periplus Jakarta di bandung kaga tahu deh
    harusnya ada man gua order dari sono juga cuman ambil di surabaya eheheeh
    Yoko Tsuno keliling dunia heheh di Indonesia juga pernah ahhaaha yang no 17 tuh ceritanya kan di Bali :D, yang Time spiral juga di Kalimantan hehehee keren emang :D

    ReplyDelete
  6. sip, gw coba cari di periplus jkt :D thanks

    ReplyDelete
  7. Emang lebih demen yg versi Eropa or karena versi Indonya kaga ada nih????
    Kalo komik eropa buat Gua masih Tintin is The Best.

    Kalo punya Kwik & Flupke didisplay dunk bos

    ReplyDelete
  8. versi indonya pernah keluar 6 biji tahun 2004 terus kaga keluar lagi :(
    itu udah gua beli semua man hhehe yang ini belum pernah diterbitin
    pertama kali juga versi english tuh

    Tintin waduh gua dah lengkap banget sih ahhahah buku, toys, DVD, heheeh
    the best sih tapi udah terlalu lengkap hahahaa

    ada gua kwik & Flupke 2 buku doang ye ? buku ke 3 kaga pernah tahu ada/kaga

    ReplyDelete
  9. Saya berharap & berdoa, moga-moga Gramedia mau mencentak ulang buku Storm, Trigan,Yoko Tsuno atau Arad & Maya dng format spt tintin yg diterbit oleh Gramedia sekarang. Yaitu format buku kecil yg bisa mirip dng ukuran komik manga tapi berwarna dng kualitas kertas yg lux.
    http://iful-ari.blogspot.com/2008/04/buku-tintin-cetakan-baru-dari-gramedia.html
    ....dan kelihatan tintin ukuran kecil sukses tuh.

    dan miracle banget kalo komik eropa yg baru2 bisa terbit juga spt Pandora Box dll

    ReplyDelete
  10. perasaan 95% kaga bakal mau cetak komik eropa deh
    btw Storm, Trigan kan pernah dicetak ulang tahun 2004 ? bareng Yoko Tsuno kan kayaknya elu tahu bukunya seukuran Yoko Tsuno and gak sukses alias macet
    masa gak tahu ? di negara kita (indonesia) komik eropa udah dianggap mati :( kalah pamor sama Manga
    parah emang kalo Tintin kayaknya emang lebih Top ye makanya mereka mikir lagi kalo judul lain susah kayaknya deh
    gua tahu kok buku cetakan tintin yang baru tapi udah gak beli lagi heheh udah punya yang lama :)

    ReplyDelete
  11. wah tp karena gw terbiasa dengan Tintin format dulu yang ukuran besar, tetep gw ga puas dengan format kecil ini. Mudah2an kalopun dicetak ulang, ga usah ganti format deh

    ReplyDelete
  12. banyak yang complain juga tuh cuman ya gitulah kalo ganti dengan format gede harganya bisa selangit deh

    ReplyDelete
  13. yoko tsuno... love it!!!
    keren2 gambarnya euy! niat banget... btw yang english jumlah nya berapa album ya? apa sama kayak yang french/dutch jumlahnya?? terus biggles pernah ada terjemahan bhs indonesianya gak??

    ReplyDelete
  14. setahu gua baru keluar 3 ya ? yang english
    nanti gua bikin sendiri deh threadnya Yoko Tsuno
    hehe dah lama diphoto tapi belum sempet di publish :D

    biggle gak pernah ada indonesianya , english doang

    ReplyDelete
  15. Hai, saya belum lama ini dapat email dari seorang Profesor di Perancis yang sedang menyiapkan bahan penelitian mengenai Asterix menjelang ulang tahun ke-50 Asterix.
    Ada beberapa informasi yang dia butuhkan antara lain: apakah benar sebelum menjadi komik, Asterix pernah diterbitkan dalam harian Sinar Harapan? Kalau iya, album yang mana dan tanggal/tahun berapa ya?
    Thanks sebelumnya

    ReplyDelete
  16. setahu gua Asterix pertama kali hadir dalam cergam tipis yang judulnya 12 Tugas Asterix ada 12 buku

    itu yang pertama kali deh setahu gua
    habis itu baru buku gede keluaran Sinar harapan
    kalo pernah diterbitkan di harian sinar harapan sory gua gak tahu
    heheh mungkin bisa ditanyain yang lain kali saja ada yang tahu

    ReplyDelete
  17. mungkin komentar saya ini agak OOT ya (atau malah oot banget) tapi pas browsing browsing nyari serial "TOWM SWIFT" (pernah tahu nggak? kalau nggak, abaikan saja deh) nemu blog ini. Cuman pengen nanya sebenarnya TOM SWIFT yang diterbitin INDIRA sampai berapa buku sih? Kok ane cari2 cuman nemu delapan buku, itupun ada nomor yang diloncatin. TERIMA KASIH :D

    ReplyDelete