Sunday, February 27, 2011

Komik Wiro Anak Rimba







sebetulnya gak pernah cari komik 1 ini deh lah setahu gua komik ini dah superrrr lamaaaaaa banget cuman emang gua suka sama settingnya ya di Hutan mirip dengan komik strip Tarzan yang gua suka :) hehehee

ok konon katanya nih komik wiro harta karun yang luar biasa susah carinya ! ya udah lah emang hari ini hokky banget kali bisa nemu komik ini heheeh padahal aslinya ke loakan cuman mau bayar utang sono sini hehehee makanya kebaikan dibalas kebaikan juga hahahaahah dapat komik wiro :)

anyway mungkin ada yang punya lengkap ya ? sayang gua dapat 7 doang 3 buku yang lainnya kaga tahu deh, anyway tadi setelah searching di internet ternyata komik yang gua dapat ini cetakan pertama ya ? karena ada beberapa cetakan lain tuh setahu gua :) ya udah lah yang penting punya saja hehe lumayan ada koleksi baru heheehe

salam jadul
dunia 80-an

12 comments:

  1. bener, ini cetakan pertama th 1956... karena masih perjilid ( semua ada 10 jilid), edwin bisa ngilerrr nih.. :)

    ReplyDelete
  2. Udah lah win pernah comment kapan remasterednya malah nemu yg asli ahhaha

    ReplyDelete
  3. wah.. bagus nih si wiro, dulu gw pernah sempet baca, pinjem punya temen.. alur ceritanya bagus, gambarnya juga keren.
    komik2 indo lama emang bagus2, top bngt.. manga jepang mah kalah

    ReplyDelete
  4. gua gak pernah baca ini pas jaman SD lu kok sempet ye heheeh wha temen elu udah koleksi ato dapat peninggalannya kakek kali soalnya buku ini tahun 50-an loh well heheehehe gambarnya emang unik :)

    ReplyDelete
  5. wah gw gak tau temen gw dpt drmn, mngkn aja dr bokapnya, tp yg pasti seinget gw kertasnya udh agak bau dan warnanya kuning gitu..

    ReplyDelete
  6. ehheh emang lah kertas jaman dulu baunya kaga enak wakkaakak plus udah kuning lagi
    tapi karena gak pernah punya ya udah deh heheh nih buku mahal well
    heheh katanya sih kalo lengkap bisa jutaan tuh :)

    ReplyDelete
  7. di plaza semanggi, bnyk tuh jual penjual komik indo jadul... hrgnya variasi, yg penting hrs bisa nawar
    klo gw demen sama komik indo karya hans jaladara (panji tengkorak, walet merah, rase terbang), karya hasmi (gundala putera petir), dan karya r.a kosasih (sri asih)

    ReplyDelete
  8. gua beli yang reissue saja well hahaahaha walet merah ada kan 1 judul kemarin di release
    terus gundala juga ada :) kalo kosasih gak terlalu demen mukanya sama semua hahaahahhah

    ReplyDelete
  9. gue pernah komik ini punya edisi bundle, dulu beli di jakarta, gunung agung kwitang (gedung/ lokasi lama), sekitar tahun 1985.
    ... lalu hilang karena pindah rumah .... (sedih)
    lalu waktu kuliah gue dapat lagi, meskipun cuma fotocopy dari dosen dkv yang sehobi.

    komik ini sangat unik karena:
    - menggunakan ejaan lama bahasa indonesia
    - sangat menggambarkan kondisi indonesia di jaman terkait, termasuk pandangan orang indonesia (baik cina maupun pribumi) terhadap orang jepang dan orang barat.
    - jalan cerita- nya sangat dark, dengan dark undertone pula. mirip dengan cerita2 osamu tezuka, bahkan mungkin sedikit lebih dark.
    - hanya berisi narasi, dan dari seluruh volume, hanya ada satu kali penggunaan balloon quote/ shoutout. dengan demikian, berdasarkan definisi sekarang, gue rasa lebih cocok disebut sebagai graphic novel daripada komik.

    ReplyDelete
  10. pastinya gua suka settingnya di hutan hutan lahhh
    cuman ejaannya saja unik banget masih yang dulu wakkakaaka
    belum baca nih ntar gua baca deh heheeh sayangnya kaga kumplit :(

    ReplyDelete
  11. komik wiro adalah komik kesukaan saya, jadi kangen untuk membacanya kembali. dimana ya mendapatkannya?

    ReplyDelete